Postingan Blog Tentang 7 Plugin Pendukung Aktivitas Menulis di WordPress

7 Plugin Pendukung Aktivitas Menulis di WordPress

Admin, 10 January 2022

7 Plugin Pendukung Aktivitas Menulis di WordPress
Menulis di blog melalui platform WordPress semakin banyak diminati oleh pemula dan expert sekalipun karena tersedianya beberapa plugin yang dapat mendukung kegiatan menulis di blog untuk sekadar mempercantik tulisan atau bahkan meningkatkan SEO tulisan.

Inilah WordPress dengan segala kelebihannya hingga menjadikan platform ini begitu populer di kalangan Blogger.

Tidak perlu pemahaman tentang pengkodean HTML, Php, atau bahasa program lainnya, seorang penulis bisa fokus mengisi konten di blog tanpa perlu dipusingkan dengan desain dan tampilan, semua aktivitas untuk itu telah dihilangkan berkat adanya fitur penambahan plugin.

Berikut ini adalah beberapa plugin yang sebaiknya Anda instal sekarang untuk mempermudah dan mempersingkat waktu Anda menulis nantinya di blog berbasis WordPress:

1. Editor Klasik


Perlu Anda ketahui, bahwasanya WordPress selalu memperbaharui dan mengupgrade layanan ke versi lebih baru agar sejalan dengan kemajuan perangkat teknologi dan program desain terkini.

Tapi, tidak selalu pembaharuan ini bisa dengan mudah diterima dan dipahami oleh pengguna, khususnya untuk Blogger yang "hanya" bisa menulis tanpa pengetahuan dasar program itu sendiri. Jadi, ketika ada pembaharuan versi akan sangat sulit untuk menyesuaikan cara-cara terbaru.

Untuk itu, plugin Editor Klasik sangat direkomendasikan bagi Anda yang kurang memahami bahasa program dan fitur-fitur terbarukan lainnya. Karena dengan Editor Klasik tampilan menulis Anda nantinya akan sama dengan program office di perangkat komputer Anda. Tampilan ini mempertahankan struktur yang mudah dimengerti dan sangat familiar untuk orang awam tentang program sekalipun.

2. Easy Table of Contents


Jika Anda ingin menghasilkan karya tulis yang indah, nikmat untuk dibaca, dan sangat mudah dipahami terkait isi tulisan Anda, maka tidak ada salahnya mencoba plugin Easy Table of Conetnts, karena dengan plugin ini, tulisan Anda nantinya akan secara otomatis memiliki tabel daftar isi yang merupakan poin-poin ulasan Anda.

Kami menyarankan Anda untuk melakukan pengaturan awal setelah selesai melakukan instal plugin, karena secara default plugin ini hanya bekerja di url halaman, tidak untuk postingan, padahal banyak Blogger lebih memanfaatkan plugin ini di url postingan mereka.

Caranya cukup sederhan, arahkan kursor ke pengaturan umum di dashboard wordpress Anda, selanjutnya klik pengaturan table of contents. Silakan sesuaikan pengaturan dengan keinginan Anda. Mohon perhatikan keaktifan plugin bekerja. Secara defaul plugin ini akan bekerja jika Anda setidaknya empat sub heading. Anda dapat mengurangi atau bahkan menambah jumlah ini di pengaturan.

3. TablePress


TablePress memungkinkan Anda membuat dan mengelola tabel yang cantik dengan mudah. Anda dapat menyematkan tabel ke dalam postingan blog, halaman, atau widget teks dengan shortcode sederhana. Data tabel dapat diedit melalui antarmuka seperti spreadsheet, jadi tidak perlu pengkodean. Tabel dapat berisi semua jenis data, bahkan rumus yang akan dihitung. Pustaka tambahan javascript memberi fitur seperti pengurutan, paginasi, pemfilteran, dan lainnya untuk pengunjung situs. Tabel dapat diimpor dan diekspor dari/ke berkas Excel, CSV, HTML, dan JSON.

Setelah memasang plugin ini, Anda dapat membuat dan mengelola tabel pada menu “TablePress” pada dasbor WordPress.

4. Photo Gallery


Galeri di situs web Anda adalah bagian yang sangat menarik dan sangat penting dari halaman Anda. Jika Anda mencari plugin yang cepat dan mudah dengan desain yang sederhana dan sangat indah, sangat dapat disesuaikan, maka tidak ada salahnya mencoba plugin Photo Gallery. Plugin ini sangat direkomendasikan untuk pemula agar dapat membuat galeri pertama hanya dalam beberapa menit saja.

5. Contact Form by WPForms


Plugin ini berfungsi menghadirkan form atau formulir di postingan blog dan halaman Anda. Dengan bantuan WPForms, semua akan lebih mudah. Jika Anda menginginkan pembaca untuk mengirim pesan atau hal-hal lainnya kepada Anda, WPForms sangat direkomendasikan untuk Anda install di dashboard WordPress Anda.

6. WP Content Copy Protection & No Right Click


Apakah Anda ingin melindungi setiap tulisan Anda di postingan blog agar tidak "diambil" tanpa izin oleh pihak lain? Jika benar demikian, maka plugin WP Conetnt Copy Protection & No Right Click ini akan sangat berguna untuk Anda.

Pengunjung nantinya tidak akan bisa melakukan copy paste, klik kanan, dan konten Anda diproteksi secara baik.

Untuk mempertahankan hak karya tulisan Anda, kami juga merekomendasikan Anda untuk mendaftarkan blog di situs DMCA.com. Situs ini bekerja untuk melindungi hak karya tulisan Blogger. Jika ternyata dikemudian hari Anda menemukan karya Anda di halaman blog lain, silakan ajukan klaim, DMCA akan melakukan take down terhadap duplikat konten Anda di mesin telusur seperti Google.

7. Slide Anything


Slide Anything memungkinkan Anda membuat carousel/slider berupa apa saja yang Anda inginkan, gambar, teks, HTML, dan bahkan kode pendek. Plugin ini menggunakan plugin Owl Carousel 2 jQuery, dan memungkinkan Anda membuat carousel dan slider yang indah, diaktifkan dengan sentuhan, dan sangat responsif.

Bagaimana? apakah Anda tertarik menggunakan ketujuh plugin di atas? Silakan sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Karena, penggunaan banyak plugin akan menghambat waktu loading blog Anda nantinya.

Bagikan

Artikel Terbaru